Kamis, 18 November 2010

RPP C.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMSK (BM) Swasta Pembangunan Galang

Mata Pelajaran : Akuntansi

Kelas/Semester : X – AK/I (satu)

Alokasi Waktu : 6 x 45


A. Standar Kompetensi : 3. Mengelola Buku Besar


B. Kompetensi Dasar : 3.1 Mempersiapkan pengelolaan buku besar


C. Indikator :

1. Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu tersedia

2. Buku besar yang diperlukan tersedia

3. Rekapitulasi jurnal tersedia

4. Bukti-bukti transaksi tersedia

5. Buku Pembantu yang diperlukan tersedia


D. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

1. Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu

2. Menyediakan buku besar yang diperlukan

3. Menyediakan rekapitulasi jurnal

4. Menyediakan buku pembantu yang diperlukan


E. Materi Pokok :

1. Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu

2. Bentuk-bentuk buku besar dan buku pembantu


F. Pengalaman Belajar


Pertemuan 1 (3 x 45)

Materi ajar : 1. Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu

2.Bentuk-bentuk buku besar dan buku pembantu


NO

KEGIATAN BELAJAR

WAKTU

1.

Pendahuluan :

1. Mengucap salam

2. Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan ketertiban siswa

3. Memotivasi

4. Apersepsi

12 menit

2.

Kegiatan Inti :

1. Guru kembali menjelaskan siklus pencatatan akuntansi

2. Guru menjelaskan pengertian buku besar

3. Guru menjelaskan macam-macam buku besar

4. Guru menjelaskan bentuk-bentuk buku besar

5. Guru menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar dan buku pembantu

108 menit

3.

Penutup :

1. Membuat kesimpulan

2. Postest

3. Menutup pelajaran dengan mengucap salam

15 menit


Pertemuan 2 (1 x 45)

Materi ajar : 1. Bentuk-bentuk buku besar dan buku pembantu


NO

KEGIATAN BELAJAR

WAKTU

1.

Pendahuluan :

1. Mengucap salam

2. Memotivasi

3. Pretest

4. Apersepsi

7 menit

2.

Kegiatan Inti :

1. Guru menjelaskan macam-macam buku pembantu

2. Guru menjelaskan bentuk-bentuk buku pembantu

30 menit

3.

Penutup :

1. Membuat kesimpulan

2. Postest

3. Mengucapkan salam penutup

8 menit



Pertemuan 3 (1 x 45)

Materi ajar : 1. Bentuk-bentuk buku besar dan buku pembantu


NO

KEGIATAN BELAJAR

WAKTU

1.

Pendahuluan :

1. Mengucap salam

2. Preetest

3. Apersepsi

7 menit

2.

Kegiatan Inti :

1. Guru memandu siswa untuk mempersiapkan pengelolaan buku besar

2. Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok

3. Guru menugasi kelompok 1 untuk menyiapkan format buku besar

4. Guru menugasi kelompok 2 untuk menyiapkan format buku pembantu

5. Guru menugasi kelompok 3 dan 4 untuk mempersiapkan bukti transaksi dari toko tertentu

33 menit

3.

Penutup :

1. Guru mengintruksikan siswa untuk mempersiapkan tugas pada pertemuan selanjutnya

2. Guru menyampaikan kegiatan belajar untuk pertemuan selanjutnya

3. Menutup pelajaran dengan mengucap salam

8 menit


Pertemuan 4 (1 x 45)

Materi ajar : 1. Bentuk-bentuk buku besar dan buku pembantu


NO

KEGIATAN BELAJAR

WAKTU

1.

Pendahuluan :

1. Mengucap salam

2. Memperhatikan kesiapan kelas

3. Menanyakan kesiapan tugas

5 menit

2.

Kegiatan Inti :

1. Guru memeriksa kesiapan tugas siswa kelompok 3 dan kelompok 4

2. Guru memandu siswa untuk melakukan pencatatan dari bukti transaksi ke dalam buku jurnal

3. Guru memandu siswa untuk menyiapkan rekapitulasi jurnal

4. Guru menyiapkan pengelolaan buku besar secara lengkap

30 menit

3.

Penutup :

1. Guru mengintruksikan siswa untuk mempersiapkan tugas pada pertemuan selanjutnya untuk kelompok yang lain

2. Guru menyampaikan kegiatan belajar untuk pertemuan selanjutnya

3. Menutup pelajaran dengan mengucap salam

10 menit


G. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi

2. Tanya-jawab

3. Penugasan

4. Diskusi Kelompok kecil


H. Media/Alat Pembelajaran

1. Alat tulis

2. Penggaris

3. Bukti-bukti transaksi

4. Media (Bentuk-bentuk buku besar dan buku pembantu serta daftar rekapitulasi jurnal)

5. Peralatan pengelolaan buku besar


I. Sumber Belajar

1. Akuntansi, penerbit : Grafindo Media Pratama ; pengarang : Ajang Mulyadi; Tahun : 2004.


J. Penilaian


Preetest


  1. Setelah melakukan pencatatan pada jurnal umum, apa yang akan dilakukan menurut siklus pencatatan akuntansi?
  2. Apa pengertian buku besar?
  3. Sebutkan macam-macam buku besar!
  4. Sebutkan pula bentuk-bentuk buku besar!
  5. Sebutkan bentuk buku pembantu!


Jawab :


NO

KUNCI JAWABAN

SKOR

1.

2.

3.

4.

5.

Yang dilakukan setelah melakukan pencatatan pada jurnal umum menurut siklus pencatatan akuntansi adalah mengelompokkan akun-akun yang sejenis pada buku besar maupun buku pembantu

Buku besar merupakan kumpulan dari akun-akun yang saling berhubungan dan merupakan suatu kesatuan (sejenis)

Buku besar terbagi atas dua macam yaitu, buku besar dan buku besar pembantu

Bentuk-bentuk buku besar ada 4 macam, yaitu :

  1. Buku besar bentuk T
  2. Buku besar bentuk dua kolom
  3. Buku besar bentuk tiga kolom
  4. Buku Besar bentuk empat kolom

Bentuk buku pembantu, terdiri dari :

  1. Buku pembantu utang dan piutnag
  2. Buku pembantu persediaan barang dagangan
  3. Buku pembantu inventaris, bahan baku, dan mesin.

1- 5

1-5

1-3

1-7

1-10


TOTAL SKOR

30


Nilai siswa = Skor perolehan X 100

Total skor

KKM = 70,00


Postest


  1. Apa yang dimaksud dengan buku besar?
  2. Sebutkan bentuk-bentuk buku besar!
  3. Sebutkan pula bentuk buku pembantu!


Jawab :


NO

KUNCI JAWABAN

SKOR

1.

2.

3.

Buku besar merupakan kumpulan dari akun-akun yang saling berhubungan dan merupakan suatu kesatuan (sejenis)

Bentuk-bentuk buku besar ada 4 macam, yaitu :

  1. Buku besar bentuk T
  2. Buku besar bentuk dua kolom
  3. Buku besar bentuk tiga kolom
  4. Buku Besar bentuk empat kolom

Bentuk buku pembantu, terdiri dari :

  1. Buku pembantu utang dan piutnag
  2. Buku pembantu persediaan barang dagangan
  3. Buku pembantu inventaris, bahan baku, dan mesin.

1- 5

1-3

1-7


TOTAL SKOR

15


Nilai siswa = Skor perolehan X 100

Total skor

KKM = 70,00


Penugasan


Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok diskusi untuk mempersiapkan tugasnya masing-masing. Yaitu :

Kelompok 1 : Membuat format buku besar dalam media

Kelompok 2 : Membuat format buku pembantu dalam media

Kelompok 3 & 4 : Menyiapkan bermacam-macam bukti transaksi dari toko tertentu


Contoh buku besar


Buku besar bentuk T

Debet Nama akun : Kode Akun : Kredit




Buku besar bentuk dua kolom

Tanggal

Keterangan

Ref

Debet

Tanggal

Keterangan

Ref

Kredit






















Buku besar bentuk tiga kolom

Nama Akun : Kode Akun :

Tanggal

Keterangan

Ref

Debet

Kredit

Saldo
















Buku besar bentuk empat kolom

Nama Akun : Kode Akun :

Tanggal

Keterangan

Ref

Debet

Kredit

Saldo

Debet

Kredit


















Contoh buku besar pembantu Utang Dagang dan piutang dagang.


Nama :

Alamat : File nomor : .........

Tanggal

Keterangan

Ref

Debet

Kredit

Saldo

Debet

Kredit


















NO

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Ketepatan membuat format buku besar

Ketepatan membuat format buku pembantu

Kerapian

Kegigihan mencari bukti transaksi

Ketepatan waktu menyerahkan tugas

Kesungguhan

Kekompakan kelompok

1-40

1-40

1-10

1-40

1-10

1-10

1-20


TOTAL SKOR

170


Nilai siswa = Skor perolehan X 100

Total skor

KKM = 70,00



Mengetahui, Disetujui oleh, Galang, 20 agustus 2010

Kepala Sekolah Guru Pamong Mahasiswa Calon Guru




Tugiman, S.Pd Tugiman, S.Pd Suramah

NUPTK. 1637744646200060 NUPTK. 1637744646200060 NIM. 071277110018

0 komentar:

Poskan Komentar